JUALAN BELUT SAWAH

Rotation of Cheese381 LU SUKA MAKAN BELUT???? GUE ENGGAK!!

agak kaget waktu lewat jalan deket rumah gue , gue liat ada hewan melata yang amat banyak digantung dalam plastik – plastik. sempet mikir psikopat mana yang maen – maen ama yang beginian??? untung kaget gue tadi langsung hilang dalam sepersekian menit, karena gue tau itu ternyata belut. Tapi tetep aja modus jualan yang ginian jarang gue liat di jalan kecuali di pasar dan setau gue itu juga jarang. Hm.. pernah gak ya gue makan belut?? kayaknya waktu kecil pernah deh, sama kayak pernah makan lele. Tapi setelah gede gue sama seali gak pernah makan lagi.


Besok harinya, gue beraniin liat dagangan bapak itu dari deket. Dari obrolan kami, gue tau kalo belut itu adalah belut sawah yang diimpor langsung dari daerah Cianjur. Bapak tua itu jual 8000 rupiah per plastiknya. Waktu gue ajak ngobrol ada pengendara motor 2 ibu2 yang brenti. Kayaknya mereka pemangsa belut sejati, mukanya udah ngiler abis. Tapi gak cocok harga pengen 4000 jadinya gak jadi beli. GUe tanya emang gak bisa turun harganya? beliau bilang gak bisa, karena emang mahal dari sana karena belut ini gak sering – sering ada. (dalam obrolan ini gue bayangin seluas ap eta sawah sampe belutnya ratusan ekor bisa dijual di marih?)

Dengan barang dagangan yang gak terlalu populer, dan tempat jualan yang insidental kok bisa ya si bapak ini bertahan dengan harga patokannya? Hm..ternyata si bapak ini cukup jeli bahwa posisinya punya posisi tawar yang tinggi. gue bisa liat itu dari dagangannya yang 2 baris memanjang, 2 jam gue balik lagi berisan yang bawah udah ludes terjual. gue rasa walau banyak yang gak makan belut kayak gue, makanan jenis ini punya penggemar – penggemar setia yang siap memburu kalo pengen makan belut. Kalo pembeli yang tadi dasar ibu2 aja tukang nawar. Kalo tau gak gampang dapet barangnya (secara kita di kotamadya Bogor gitu looh) ya beli aja padahal. ampe gak jadi.

Salut buat si bapak penjual belut tadi, diusianya yang udah cukup tua, gak beralas kaki, amat santun sekali pula melayani obrolan yang gue lemparkan. bahasa indonesia tampak terstruktur rapi dan halus. seakan menghormati sekali lawan bicaranya  (*bikin gue gak enak aja..). Sambil pamit pulang gue bilang maaf karena gak beli..gue gak suka malah geli liat belut kayak liat anak ular. dan titip pesan untuk gak berdiri terlalu pinggir seperti dagangannya. Karena pengendara sepeda motor disitu amat sadis2 melajunya. bisa nyelip kapan aja. gue saksi mata banyak yang udah jadi korban di tempat yang sama.

Hm..semoga dagangannya laku semua ya…amin.

Rotation of Cheese398

6 thoughts on “JUALAN BELUT SAWAH

    • saya gak jual. ini belut dijual oleh bapak tua di jalan dekat rumah saya. ini kali kedua dia berjualan disitu. sepertinya sedikit musiman. 3 hari jualan..nanti 2 minggu baru datang kembali. belut ini dia dapat dari sawah. dimana lokasi anda?? ini di indonesia..di kota bogor…

Leave a Reply

