Komik Petruk dan Gareng

PetrukLu pernah baca komik – komik petruk gak??? hihihi, liat aja gambar disamping..inget kan? itu looh komik petruk dan gareng yang amat famous di zama tahun 80-an. zaman – zaman gue SD. cerita komik ini bisa beragam. Biasanya gak jauh – jauh masalah CINTRONG, WAKUNCAR nya si petruk atau si gareng warga TUMARITIS yang kadang – kadang dibumbuin ama cerita horor. hantunya serem – serem banget, pencitraannya terasa menyeramkan tapi gue kok baca ya???


Dulu waktu gue SD, kayaknya semua orang jajannya kalo gak Mie ayam 300 perak, es 200 perak, mainan ama komik ini. Nah inget komik ini gue jadi inget ama aktivitas bisnis gue yang pertama kali. Bulan puasa, mengingat betapa resenya Obenk kecil mejalani puasa Ramadhan (merengek sepanjang hari minta buka, hihihi) gue boleh main2 dengan komik ini dulu. beli 10, lalu gue pasang tiker depan rumah. siang – siang bolong!! di tengah terik matahari di jalanan sepi. nanti ada temen – temen gue sebaya yang baca, gue ambil uang sewa baca komik gue. berapaan ya??hm, lupa lah. tapi cukup untuk beli komik – komik petruk yang lain esok harinya. terus disewain lagi ampe uang modalnya balik lagi, hihihi.

Gak ada yang istimewa juga seh, gue ingat perkara komik ini karena gue sempet mengingat  kosakata CINTRONG belakangan. Dan kata cintrong rasanya sering banget muncul di komik ini. jadi aja inget kalo gue pernah sewa2in komik ini di bulan puasa. Mama gue ngebiarin aja tuh gue nyewa2in komik siang – siang bolong. paling diliatin..katanya daripada gue rese di rumah ngerengek minta buka terus.

Usaha gue yang sewain komin ini akhirnya bikin jumlah komik gue banyak, juga uang gue banyak dari keuntungan bersih hasil penyewaan tadi. entah berapa ribu. Gue inget nyimpen uangnya di dompet karton yang gue buat sendiri…DAN PAS DI HARI LEBARAN DOMPET DAN UANG ITU JATOH DAN SEMUANYA HILANG ENTAH DIMANA..hiks..sedih banget waktu zaman itu. sayang seiring gue besar, komik2 itu hilang entah kemana..dibuangin kayaknya. padahal banyak banget..orang setiap hari beli komik petruk di sekolah, pake uang hasil sewa ama uang jajan..belanjanya ampe ditemenin mama guekarena gue beli komik banyak dan lama milihnya.

duuuuh..masa kecil gue gak akan ada habisnya untuk gue ceritain. gue beruntung dibiarin berkembang bebas ama orang tua gue. tanpa pingitan yang berlebih. Gue merasa seimbang antara belajar dan main, main dengan banyak temen dan beragam permainan juga kebandelan gaya anak – anak. indah buat dikenang, manis untuk dijadikan pelajaran.

16 thoughts on “Komik Petruk dan Gareng

  1. ehehe…wah knangan ny sm dgn pngalaman ku,, tp beda ny tmn ku yg sk nyewa2in komik petruk ksanyangan ny… pas aku bc crta d atas, taste suasana ny sma,, jd iget ms llu dehh.. thx yahh…

  2. wahhhhhhhhhhhhhhhh.,,,,,,,,,,
    harusnya komik indo bisa lebih maju donk.,,.
    secara gak sadar kita udah di jajah lagi nie ama japan.,,.,.,.

  3. mengigat masa lalu emng g’ ada hbis@…?\\
    pa lgi kita inggt dengan cerita ini sangt menyenangkan…
    tpi syang crg g; ada lgi yg seperti ini…

  4. Haha …
    Sama cuy . W juga ampe dmarain sama nyokap .. Duit jajan w abis trus dbliin tuh komik. Udah numpuk aja d kamar .. W paling suka yg seri dewi kanandita yg ratu pantai slatan itu sama bawang merah bawang putih .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s