19 jam tanpa listrik

p>PLN Hari ini gue sedikit jengkel ama PLN. Semua kejengkelan gue bermula dari matinya listrik di rumah gue tengah malam sebelumnya. Tepat 10 menit setelah gue mamatikan komputer dan berniat menonton DVD dikamar. Gue sih berfikir mati biasa aja, tapi saat dinyalain lagi di depan ama kakak ipar gue, malah menyeramkan..mati lagi dengan suara yang gak enak. Karena kita mau tidur, demi keselamatan bersama gue cabutin semua alat – alat elektronik. duuuh, jadi takut ada arus pendek…ada yang konslet lalu ada percikan api dan sebagainya yang bisa mercikin api. gue agak – agak parno neh..karena beneran awam tentang hal ini, tapi kasus kebakaran akibat listrik sering banget muncul di TV.

Paginya, gue segera lapor ke PLN Bogor..menghubungi no 0251-8345600..diterima dengan baik, disampaikan akan segera ditindaklanjuti segera. Gue jelaskan kronologisnya dan dia menyarankan gue untuk tidak menyalakan alat elektronik apapun. Dan si penerima aduan mengasumsikan bahwa aliran listrik gue mati akibat kabel yang kendur di tiang listrik akibat petir2 satu hari sebelumnya.


Gue menghalangi bapak gue yang berniat minta tolong orang yang mengerti listrik, karena gue berfikir ingin memperbaiki ini dengan prosedur yang legal. Karena selain gue percaya bahwa PLN yang punya wewenang, untuk memperbaiki listrik di tiang listriknya amat beresiko. Dan jika meminta tolong orang yang bukan orang PLN maka resiko kerja akan ditanggung oleh gue sekeluarga. Maka kali ini gue berharap banyak pada PLN..

Tapi ternyata petugas yang ditunggu belum juga datang ketika waktu menunjukan pukul 1 siang 4 jam setelah gue menghubungi. Okelah gue berusaha berfikir positif, bahwa ini adalah hari Jumat amat wajar kalo petugasnya sholat jumat dulu. Tapi apa yang terjadi, sampe pukul 4 sore petugas itu belum datang. padahal hari ini gue udah telpon yang ke-4 kalinya. gimana ya ini pelayanan PLN?? sampe 19 jam gue gak menikmati listrik. Mana semua aktivitas rumah pake listrik lagi. Mencuci, setrika, air panas dispenser, TV, komputer, mati listrik bikin semua aktivitas terhenti.

Akhirnya listrik di rumah , juga 6 rumah tetangga yang lain menyala pukul setengah 5 sore. Ada tetangga yang ngerti listrik berani naik ke tiang listrik dan membetulkan aliran listrik rumah gue. Ini sebenernya gue gak setuju, terlalu beresiko kalo ada kesalahan prosedur. mati tersengat listrik misalnya. Beruntunglah tetangga gue itu mantan pegawai PLN, tapi tetep aja kan kalo gak pake peralatan lengkap bisa nimbulin kecelakaan. Deg – degan deh waktu di betulin. Listrik mati, nyala, mati lalu nyala. mana langit mendung lagi, takut aja hujan turun. Akhirnya listrik gue nyala lagi seperti sedia kala..TANPA BANTUAN PLN!!!

Gimana ya PLN itu?? mau mati listrik sedikit rumah, banyak rumah, harusnya kan mereka bisa sedikit sigap. Toh pelayanan ini bagian dari tugas mereka. Terlalu beresiko kalo hal seperti ini dikerjakan oleh orang awam atau masyarakat biasa. Dan sampai terakhir gue posting tulisan ini jam setengah sepuluh malam, itu hidung – hidungnya para petugas PLN belum juga nongol. Coba kalo tadi gak dibenerin sendiri..bisa masih gelap gulita rumah gue dengan ke-6 rumah lainnya. huuuuuu, MENGECEWAKAN!!!

2 thoughts on “19 jam tanpa listrik

  1. iya nich….mungkin gak ya suatu saat PLN itu biar ditangani pihak swasta aja sebagian….kaya telephon gitu….jadi kita punya alternatif laen ga harus bergantung pada satu pembangkit listrik pake PLN…namanya aja Perusahaan Listrik Negara kok kaya perusahaan tempe aja ya… ga profesional…gaji aja mintanya menyesuaikan tapi layanan tidak menyesuaikan…ach..payah..payah!!!

  2. hihihii, eka makasih komentnya. apa pernah ngalamin yang sama? waktu itu dongkol banget ama nih PLN..hampir mau nulis di surat kabar. hihihi. hmm, kalo macam gini termasuk kasus Prita gak ya???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s