PartaiMU yang Mana??

logo_partai 9 April 2009, ada yang menunggu ada yang tidak. ada yang berharap ada yang hanya menatap.masuk ke golongan mana kita kawan??

pesta demokrasi segera datang, semua dari kita akan terundang. Apakah kalian udah menentukan apa yang menjadi pilihan?..

Berbicara pemilu tentu saja akan bicara partai..bagian dari kehidupan berpolitik yang untuk sebagian orang berharap bisa mengabaikan…tapi rasanya gak mungkin kita gak berkomentar.

Minggu – minggu terakhir bulan ini makin marak kita saksikan begitu banyak tontonan yang mengisahkan janji – janji partai, tidak lupa pula selebritis – selebritis karbitan yang memenuhi tiang, pohon, papan, tembok, hingga masuk ke rumah – rumah menyaru dalam kalendar. Memenuhi ruang penglihatan dengan keanekaragaman dan hanya memiliki satu kesamaan, yaitu hanya foto penuh senyuman.

pemilu nanti, khusus untuk tanggal 9..gue belum tau mau memilih siapa..tidak mengenal siapapun..karena hanya menghafal bendera. katanya bakalan 4 lembar..DPR pusat, DPRD I, DPRD II, juga DPD (bener gak??)..gak masalah juga lah wakil partai mana yang akan gue pilih, toh gue orang yang sangat sulit untuk terpengaruh oleh segala janji2. gue gak suka berbicara politik, karena emang gak suka dan gak mampu bicarakan hal ini. tapi biarlah gue bicara semau gue dengan segala keawaman gue..

Banyak yang menarik untuk diperhatikan di sekitar gue belakangan ini. Udah pemandangan gak aneh kalo tetangga2 kita berlomba – lomba memasang bendera partainya setinggi langit, bahkan dengan antena rumah sendiri pun gak mau kalah tinggi..apalagi dengan punya tetangga..Hm..khusus keluarga gue, kami gak pasang bendera apapun. Belum pernah sekalipun pasang bendera kecuali bendera merah putih ketika hari kemerdekaan tiba. mengapa????karena dari 5 kepala (eh..ditambah 1 sekarang ada menantu jadi 6)..sudah bisa dipastikan partai kami semuanya berbeda.

Jangan bicara partai di ruang keluarga gue..karena gak akan saling nyambung. walau kami berbeda partai gak satupun dari kami saling mempengaruhi pilihan kami. dan percaya atau tidak..perbedaan itu jarang sekali dipertanyakan..kami semua hanya saling menduga – duga satu sama lain(hmm..si bapak apa ya?? si kang Dani apa ya?? si Teh Dian apa ya??hm..si Mama mah jangan ditanya..he..he..).

cukup melegakan mendapat situasi begini, mengingat di tempat lain banyak orang yang tidak sepenuhnya bebas untuk memihak.ambilah contoh keluarga yang salah satu saudaranya maju menjadi caleg..masih ada tuh yang saling memaksakan kehendak…WAJIB MILIH katanya. MUN KAGAK, dimusuhin. Beruntunglah gue ada di keluarga merdeka yang bebas dari kefanatikan partai – partai dan gue juga befikir untuk apa fanatik??

Malem lalu, untuk kedua kalinya tukang ojek langganan berceloteh di perjalanan gue pulang. Cerita bahwa hari ini dia mandapat uang 20.000 dari seseorang yang mengusung salah satu caleg dari partai X. Entah tanpa peduli akan kebenaran hal tersebut, gue jauh lebih tertarik dengan pemikiran pak ojek langganan.

 “Uangnya diambil pak?? ambil aja..kumpulin lagi kalo ada yang ngasih lagi..beliin telor untuk orang rumah and jajan anak..tapi jangan di contreng nanti mukanya“. begitu goda gue ke si pak ojek. Terdengar suara tawa dia yang pelan..

saya ambil teh..siapa yang gak mau uang, buat jajan anak..tapi bener gak perlu di pilih teh??” jawabnya.

yaelah si bapak..berkhianat sedikit emang kenapa??pilih aja yang bapak suka..” ucap gue mengajari orang berkhianat.

malam tadi dipertemuan ke dua..

udah dapet berapa pak??yang bagi2??”tanya gue.

belum ada lagi tuh..saya juga jadi gak yakin kemaren itu uang untuk apa dari siapa” jawabnya.

ye..si bapak..gak tau siapa untuk apa uangnya tetep di ambil” ejek gue.

udah punya pilihan presiden nanti teh?” kembali pak ojek bertanya.

hm..saya gak yakin.nanti difikirin..bapak ada??” gue kembali bertanya

mau prabowo aja ah..tegas banget orangnya..mungkin gak akan ada lagi pulau kita yang lepas kalo presidennya segagah dan setegas prabowo“..jawabnya dengan serius.

gue mengangguk – ngangguk di belakang mendengar jawabannya..betapa semua orang memiliki jalan pikirannya sendiri bukan, harapan sendiri yang ingin mereka gantungkan terhadap pilihan. lalu kenapa kita harus saling memaksakan? gue merasa aneh ke orang2 yang memaksakan seperti yang terjadi di sekeliling  gue. beruntung gue makhluk merdeka yang tak terjamah oleh keadaan terjepit tidak ingin memilih tapi dipaksa memilih..dan kekerasan ini biasanya terjadi di lingkup keluarga kita sendiri.

walau gak suka politik, tapi dipastikan gue akan ada di TPS tanggal 9 april nanti. walau gak fanatik, tapi pilihan tetep aja ada. pilihan gue yang selalu diendus – endus si mama yang pengen tau tapi gak mau bertanya..sesekali di todong..paling gue cuma senyum nyinyir gak bales.

kecurigaan gue saat ini..saat ini loh ya..baru tahap kecurigaan ya..ayah gue sepertinya menyukai burung yang bisa terbang..mama gue sepertinya suka sesuatu yang mampu menghijaukan bumi dengan daunnya, kang dani mungkin suka bendera sebiru samudera..teh dian..apa ya..sedikit ada muka ngekor mama, tapi setidaknya gak golput, lalu gue apa??ah..gue mah dalam hati saja.

dalam tulisan ini gue mengajak semua kawan untuk setidaknya memilih, memilih apapun yang kita percayai. mengapa memangnya kalo berbeda..indah2 saja kalo memang kita mampu menempatkannya.buat apa ribut – ribut dengan tetangga, buat apa ribut2 dengan sesama..mau dibodohi saja..untuk apa??kalo emang gak ada pilihan, coba pikir sekali lagi..ada gak yang menurut elu sedikit baik dari begitu banyak keburukan..pilihlah yang itu.masih enggan memilih??? tidur sajalah kawan..tidak memilih pun suatu pilihan..asal jangan ajak kawan2.

Mari berpikir sedikit positif akan masa depan..yang mungkin saja menjanjikan perubahan. jangan hanya kritis, tetapi tak tau apa yang bisa dilakukan..bagaimana bisa membaik keadaan kalo kita hanya diam.

sampai ketemu di TPS kawan…

**foto dalam posting ini saya pinjam dari sini

2 thoughts on “PartaiMU yang Mana??

Leave a Reply

