angkot bogor

angkot bahaya

 Siang ini,saat gue akan pergi ketemuan ama temen – temen, ada yang menarik dari jendela angkot yang gue tumpangi. sebuah stiker yang gak biasa, dengan warna yang menyolok mata namun bukan sebuah iklan produk, lembaga jasa apalagi stiker – stiker caleg yang memang belakangan ini ramai tertempel dimana – mana.

“JIKA ANGKOT INI MEMBAHAYAKAN LALU LINTAS, KOMPLAIN AJA LEWAT SMS”..

seruan yang menenangkan..memang, untuk bikin lalu lintas nyaman dan lancar gak cukup banyak petugas polisi lalu lintas yang bertugas di jalan. ketertiban itu perlu diwujudkan oleh semua pihak pengguna jalan. dari mulai motor, kendaraan pribadi, pejalan kaki ampe angkot. nah angkot ini lah yang paling banyak menyumbang kepadatan lalu lintas di kota Bogor.

 

Dulu, seorang dosen di kelas MK yang gue masuki pernah melucu bahwa kota Bogor adalah kota cendol. Bukan karena kota ini penghasil cendol terbanyak di dunia, bukan pula  kota yang punya ciri khas cendol sebagai minuman fav..tapi karena kalo kita muter – muter diatas kota bogor ini pake helikopter, mungkin kita seperti liat gelas cendol..karena sepanjang  jalannya dirayapi ama benda kotak – kotak berantai warna ijo yang mirip cendol.

gak jarang juga kecelakaan yang terjadi di jalan raya adalah akibat ketidaktertiban dari para penggunanya. tariklah angkot sebagai contohnya. seruan dalam stiker ini contoh nyata dari kontrol yang bisa dilakukan oleh badan terkait, yaitu dalam masalah ini adalah DLLAJ. dimana setiap pengguna jalan terikat oleh peraturan yang berlaku untuk sama – sama menjaga ketertiban berlalu – lintas. Sarana pengaduan yang disediakan seperti ini bisa menjadi feed back sebagai acuan DLLAJ untuk menegakkan peraturan dengan tuntas. Kita masyarakat pengguna angkutan umum bisa ikut berkontribusi dalam pengawasan penerapan peraturan lalu lintas tadi dengan menjadi pemerhati yang berani ambil sikap aktif.

 

Cuma tantangan selanjutnya sampaimana sarana ini mampu berjalan secara maksimal. mungkin selajutnya bisa menyediakan line aduan untuk mengadukan pengguna sepeda motor yang melaju tak karuan, yang ngebut, yang gak kenal namanya zebra cross, dll.

 

sebagai warga kota bogor yang mau gak mau menerima kalo kota ini amat penuh dengan angkot dan mulai dirundungi masalah – masalah kemacetan setiap harinya, gue berharap setidaknya masalah ini bisa diatasi dengan semakin tertibnya para pengguna jalan raya. sama – sama mematuhi lalu lintas, saling menghormati sesama pengguna, maka gue bisa ikut berharap akan menurunnya grafik korban kecelakaan lalu lintas baik yang luka maupun yang meninggal dunia. amin.

luv bogor,mari sama – sama ciptakan bogor kota yang nyaman dan bersahabat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s