me n si ce-es

hari ini gue dateng ke plasa telkom bogor..ada sesuatu yang mau gue tanyain perihal tagihan speedy yang mampir ke hp dan email gue. begini ceritanya :

bulan november lalu gue telp 147 untuk ngajuin kalo gue mau pasang speedy di rumah.sambil tanya  – tanya tentang program yang bisa ditawarin ke gua .. dari sebrang telp sana gue dikasih penjelasan bahwa permintaan pemasangan gue berbarengan ama promosi mereka tentang pemasangan baru di lebaran idul adha. dimana gue dijanjiin dapet gratis di bulan pertama dan dapet diskon 56% di 2 bulan pemakaian selanjutnya.

nunggu punya nunggu baru beberapa hari setelah ngajuin pihak telkom dateng ke rumah gue untuk pasang. yaitu pada tanggal 29 nov 2009. setelah terpasang hari itu gue telp kembali ke 147 untuk tanya..memastikan kalo yang disebut bulan pertama pemakaian itu terhitung kapan? sedangkan tanggal terpasang itu 29 nov? gue dikasih penjelasan kalo bulan pertama itu adalah bulan desember..gue sampe mengulang pernyataan : ” jadi untuk pemakaian bulan desember saya akan free biaya, saya mulai bayar yaitu untuk nanti pemakaian januari yang akan ditagihkan di awal bulan februari..”. dari pihak 147 mengiyakan kesimpulan yang gue kasih..di tengah bulan pemakaian desember..gue telp lagi ke 147 minta informasi posisi pembayaran gue kalo di bulan pertama yang free ini gue over quota pemakaian itu gimana. dan gue dapet penjelasan bahwa kelebihan quota dari 50 jam yang bisa gratis itu akan dibebankan pada tagihan bulan selanjutnya saat gue pertama bayar.

 

 

tapi pada kenyataannya..di awal januari ini gue dapet tagihan sebesar 120 ribu sekian. gak gimana amat juga seh gue dapetnya..gue berfikir mungkin ada kesalahan informasi di pihak telkom dengan asumsi bahwa infomasi awal yang gue terimalah yang gak akurat.

siang tadi gue dateng ke pihak telkom..ketemu ce-es bagian speedy-nya. panjang lebar gue ceritain apa yang ingin gue konfirmasikan.petugas ce-es tadi sibuk tak-tik-tuk keyboard kompi-nya..gak tau mau cari data apa. dia jelasin kalo gue udah dapet informasi yang gak akurat. ternyata hitungan bulan pertama pemakaian yang dikatakan free itu adalah 2 hari di bulan november tadi  dengan total pemakaian sekitar 4 jam..yang itu pun gue pake saat nyoba waktu pertama kali aktif.

ce-esnya bilang tagihan januari tetep gue harus bayar,,gak bisa di batalkan atau gimana. gue bilang, siapa yang harus tanggung jawab tentang informasi yang simpang siur yang gue terima. ce-es terus meyakinkan gue bahwa bulan pertama yang free adalah bulan dimana speedy terpasang. dalam kasus gue adalah 2 hari terakhir di bulan november tadi..yang artinya g menikmati layanan free cuma 2/15 dari 1 bulan penuh. 

gue bilang ke ce-esnya..bahwa kalo memang begitu sistemnya sebagai konsumen gue berhak mendapat informasi yang jelas tentang kondisi itu pada awalnya. ce-es itu bilang memang suka ada perbedaan informasi dari ce-es langsung dengan line yang gue hub tadi..ce-es tadi malah bilang ”saya juga gak tau gimana proses trainingnya pihak sana, karena perbedaan informasi juga sering terjadi”. dan dia sebagai ce-es yang langsung berhadapan dengan pelanggan jadi dapet imbasnya. juga sedikit menyayangkan gue dengan bilang kalo bagusnya dari awal gue berurusan dengan ce-es langsung di plasa, bukan ke 147..karena pada akhirnya informasi lebih detail cuma bisa di dapet dari CS. ampe dia juga cerita kasus lain tentang info yang berbeda dari 2 bagian tadi..

gue mulai merasa kok..ne ce-es selalu mengarahkan untuk memaklumi..kenapa jadinya gue ngerasa kalo ujung2nya gue yang harus ngerti? gue jadi mulai BETE..udah dibikin gak enak kok gue malah harus maklumin juga seh, gue jawab aja:

“gini ya mba, saya tau posisi mba..juga tau kalo mba jadi saya juga pasti akan komplain begini..tapi kok kesannya saya yang harus maklumin situasi ini.  masalah mba dengan pihak 147 itu trainingnya beda..kan bukan sesuatu yang harus saya pertimbangkan, masalah saya harusnya dari awal sebaiknya berurusan langsung dengan ce-es disini kan juga bukan hal yang saya ketahui dari awal..kan gak ada pengumuman resmi “LEBIH AKURAT DISINI”. kalo dari tadi mba terus bilang orang lain juga ada yang dapet kasus yang sama dan akhirnya bayar kan bukan juga alasan mengarahkan saya untuk lebih memahami memahami”.

duh ne ce-es..bukannya bikin tentram hati kok malah bikin gue pantas kesel karena perbedaan  2 pihak tadi yang terus dia angkat. lah..berarti gue korban dari perbedaan tadi dong…selanjutnya dia bilang kalo gue tetep untung kok karena bulan yang kedua (desember) gue udah dpt diskon 56%. gue bilang aja kalo yang masalah bukan pembayaran..tapi informasi yang berbeda tadi yang dah bikin gak nyaman..gue tambahin kalo komsumen gak perlu tau kalo ce-es dan 147 adalah pihak yang berlainan yang kadang berbeda, karena komsumen cuma mengenal 1 pihak, yaitu telkom. dan gak tepat kalo dia mengangkat perbedaan pemberi informasi tadi, kasus – kasus yang serupa yang juga terjadi ke orang lain menjadi situasi yang dia fikir akan bikin gue merasa lebih baik atas ketidaknyamanan yang gue terima. apalagi saat dia menyayangkan gue gak bertanya langsung ke ce-es dari awalnya.lah kok..malah mau bikin gue ngerasa gue yang salah langkah.

gue kasih saran aja kalo kasus informasi gue ini jangan sampe terjadi lagi..gimana pun informasi yang akurat untuk pelanggan juga adalah bagian layanan yang harus pelanggan terima. eh..mba ce-es nya malah nyuruh gue kasih masukan di kotak saran aja. bukannya di dengerin.

so..sebelum pulang gue ngisi dulu kotak saran di gerbang dengan tulisan yang panjang lebar, di kertas bulak – balik…oya..gue juga lunasin dulu tagihan gue yang tadi gue persoalkan.

gue aneh..gue dateng cuma dengan rasa bingung..gak kesel juga gak marah..setelah ketemu ce-es kok malah jadi jengkel juga emosi. abis Ce-es nya gak cukup empati seh..n bikin gue yang malah jadi harus ngerti n mengisyaratkan kalo gue cuma bisa maklum. kenapa gue harus dijelasin tentang 147 yang kadang suka gak sama ama Ce-es. kenapa gue yang disayangkan gak dari awal dateng ke ce-es.kenapa dia gak menyampaikan menyesal atas nama 1 pihak aja, yaitu telkom atas ketidaknyaman yang gue terima dan gak ada solusi lain selain gue menerima tagihan tadi dan kompensasi dari ketidaknyamanan gue adalah bahwa hal ini akan dipastikan tidak akan terjadi kembali ke pelanggan lain. kan simple..toh gue juga dateng juga dengan siap bayar kok..

gue malah jadi panas hati karena gak merasa tersejukkan..

 

he..he..emosi juga tadi siang..tapi pas sorenya pas gue inget2 lagi gue seh garuk2 kepala aja..

4 thoughts on “me n si ce-es

  1. Ehhhm…. Menegakan keadilan emang harus pake emosional benk….tjape deeeh😦 ngadepin pelayanan publik di Indonesia emang harus banyak sabar…

    Buat para insan telkom.. !!
    BUKANKAH 147 ADALAH COSTUMER SERVICE JUGA? bedanya cuman dia ntu online, kagak dipajang di plasa telkom.
    jadi KENAPA HARUS ADA PERBEDAAN INFORMASI ANTARA 147 DENGAN CS DI PLASA TELKOM? produk yang sama seharusnya dijelaskan kepada pelanggan dengan PENJELASAN yang sama juga. KALO BEDA…apa fungsinya online…? yang ada di sini “ON” di sana “LAEN”..Hehehe.. gitu deh jadinya, konsumen dirugiin terus..hiks hiks..
    Kalau memang mba Ce Es yang diceritakan bilang banyak juga kasus yang sama dan DIA menyarankan untuk datang langsung ke plasa telkom untuk dapat info yang akurat… KENAPA BMA CE ES ITU TIDAK MENJADIKAN ITU SEBAGAI MASUKAN KEPADA PIHAK TELKOM (ATASANNYA KALI YEEEEE…) UNTUK MEMPERBAIKI KINERJA, sudah jelas itu adalah MASALAH INTERNAL TELKOM?? SEHARUSNYA INFO DARI CS PLASA TELKOM DAN CS 147 ADALAH SAMA..!

    Tetap Semangat..hehehe…

  2. ANDA MEMENANGKAN HADIAH MENARIK. ANDA ADALAH PENGUNJUNG YANG BERUNTUNG..YANG PERTAMA SEKALIGUS PELENGKAP PENGUNJUNG 999.999.999 LAINNYA!!

    selamat ten…anda orang pertama sekaligus tamu pertama yang nengok bayi blog ini.

    beruntung tu ce-es bukan ngadepin lu ten…lebih beruntung lagi gak berhadapan ama kita berdua langsung. he..hee..
    gue mah punya kesabaran tinggi, dateng kesitu juga udah siap bayar..cuma biar ihlas bayarnya pengen dapet penghiburan dulu atuh dari CE-ES. pan gue korban dari ketidaknyamanan yang mereka buat. dan bukan urusan gue untuk tau situasi internal..iya gak???

    sama kayak kalo telkom mutusin jalur telp tetangga gue yang dah lama gak bayar..kan bukan urusan telkom u tau internal pelanggan itu punya uang untuk bayar atau gak. yang penting bayar..jadi jangan angkat masalah interna untuk jadi pembela dong ya..

    gue mah orang yang gampang kompromi..apalagi kalo masih kebayar..walau ngerasa dirugikan dengan informasi yang gue terima..tetep aja bayar mah sanggup. tapi hibur kek, minta maaf atas nama telkom kek dengan ngasih MUG, payung, goodie bag, dll yang berlogo TELKOM. he..he…gimana kek caranya..

    malah jadi panas pulang dari situ..hampir2 mau jalan pulang sambil koprol sepanjang jalan saking energi gue yang banyak n dada yang meletup – letup.

  3. test….test….
    mo pamer blog nie….
    nie alamt gw prazknight.wordpress.com

    kyaknya g prlu da yng d komentaRIN nie coz kl gw komentar tar mlh dbales komentar2 yang lbh menyakitkan…
    jd lbh baik no comment….
    no comment….

Leave a Reply

