Re-Tweet on Twitter

twitter-logo

hohoho, akuiniobenk mulai nge-tweet neh?

Twitter sebenarnya saya udah punya account-nya cukup lama. Dari mulai nge-tweet yang saya sendiri gak tau ngapain asal cuma ikut update aja punya account di twitter. Namun karena sedang tergila-gila dengan asiknya ber-facebook (lebay), twitter yang baru memfollow beberapa teman dan di follow beberapa teman itu saya tinggalkan. Rasanya belum nemu keasikan dari nge-tweet. hohoho, bilang aja kalo gak terlalu ngerti makenya…(padahal kayak FB, buku2 twitter juga saya beli looh..teuteup teu ngarti :) )

Tapi sekarang akhirnya mulai rajin nge-tweet, hi3. kalo ditanya alasannya sedikit kasar saya bilang karena mencari pelarian dari facebook :) Memang selain butuh kesegaran lain dari sedikit kejenuhan berfacebook saya pun tetap merasa bisa berinteraksi dengan temen2 di twitter dan beberapa alasan pribadi lainnya.

Ngumpet di twitter dimana follower saya disana belum seberapa seperti pergi dari perkotaan yang pikuk ke pegunungan sepi yang nyaman. Merasa tidak berada di keramaian jadinya. Hehehe.

Tapi kedua situs jejaring sosial ini tidak kehilangan daya tariknya kok. Tempat mana sih yang lebih menyenangkan selain tempat yang didalamnya dihuni oleh teman – teman kita? Dan selama di facebook masih bertengger banyak teman saya begitu juga di twitter, maka keduanya tidak akan sepenuhnya kehilangan pesona.

Jadi inget ama friendster, terpaksa saya tinggalkan. habis temen2 pada di facebook semua :)

Suatu ketika teman saya Hevi Fauzan bilang, “eh, jangan pake RT kalo gak terlalu informatif.  Bikin panjang timeline aja”. Saya yang saat itu malas bahas lebih lanjut hanya menjawab sekenanya aja, biar gk jadi panjang lebar. Tapi saya turutin tuh anjurannya.

Ternyata memang ada perbedaan antara menulis RT dengan tidak. Sebagian pengguna twitter yang saya follow suka sekali menggunakan RT untuk me-reply update tweet teman lainnya, sekalipun itu adalah percakapan pribadi. Alhasil semua balas2an mereka akan hadir pula di tampilan twitter saya, sekalipun teman yang di reply tidak saya follow.

RT sebenarnya singkatan dari Re-Tweet yang artinya kita mengulang kembali tweet yang di tulis seseorang yang kita fikir cukup informatif untuk dibaca kembali oleh semua followers kita. Menulis RT membuat tweet tadi menjadi terpampang di timeline followers kita.

Belakangan ada fasilitas tombol Re-tweet langsung di bawah tweet seseorang, sehingga jika ingin me-RT kita langsung klik saja tombol re-tweet itu dan serta merta tweet itu tercopy deh. Tapi, secara manual menuliskan RT pun ada kelebihannya, kita bisa menambahkan k0mentar pribadi tentang tweet yang kita RT tadi. (mungkin intinya yang penting yang di RT itu yang informatif untuk umum bukan untuk balas2an…jadi gk masalah mau pake yang mana)

Nah apa resikonya kalo lagi balas2an tweet seseorang kita pake nulis RT? hohoho ternyata emang muncul di timeline semua followernya. walaupun yang baca mungkin gak ikut serta dalam pembicaraan :) i see..

Kita lihat bedanya ya…ini hasil dari saya mengamati saking gk ada kerjaan. Kalo kurang yakin kita googling aja sama2, siapa tau saya keliru.

contoh : tweet-nya donny reza

ini status update atau tweet teman saya si Donny Reza. Kicauannya selain muncul di homenya donny, tentu saja muncul di tampilan home twitter saya, wong saya following dia, alias saya followersnya dia (apa bedanya ya..? hi3). Tulisan donny ini akan muncul di semua followersnya Donny Reza dan mungkin kalo ada seseorang yang me-RT tweet ini  juga akan terbaca di tempat lain.

Kita lihat bagian yang lain…

Reply donny ke Hevi

ini contoh balasan Donny Reza ke Hevi Fauzan. Muncul di timeline saya karena yang sedang di balasnya pun orang yang saya follow.

reply donny ke Purakrisna

ini contoh reply donny ke temannya yang bernama purakrisna. Agak beda dengan yang atas karena gk ada fotonya donny ya? soalnya saya ambil print screen ini langsung dari profilnya donny, soalnya gak muncul di timeline saya akibat dari orang yang bernama purakrisna bukan orang yang saya follow.

donny me-retweet tweet seseorang bernama Rendy

Donny me-retweet salah satu tweet temannya yang bernama Rendy mengenai kondisi cuaca jakarta. Sepertinya ia berpikir informasi ini layak untuk dibagikan kembali kepada semua followernya donny. Dan cara me-retweet yang ia pilih adalah dengan memencet tombol retweet yang sudah disediakan.

hevi me-RT novinurul

Hevi me-retweet tweet seseorang bernama novinurul mengenai kondisi cuaca di kota. Memilih me-retweet dengan menulis RT secara manual sehingga selain me-re-tweet juga bisa menambahkan pesan pribadi.

hevi me-reply teman2nya

Hevi me-reply tweet beberapa temannya , meskipun beberapa temannya itu tidak saya follow namun tetap muncul di timeline saya karena hevi menuliskan balasannya sebelum penulisan @someone. Sehingga sepertinya tidak masuk kategori balasan yang hanya dilihat oleh orang2 bersangkutan namun diakui sebagai tweet hevi yang akan dibaca followernya. (entahlah)

Kesimpulan saya :

1. saya akan me-retweet suatu tweet informatif dengan menekan tombol instan retweet yang ada di bawah tweet seseorang (asumsi tidak diproteksi twitternya)

2. Jika saya akan me-retweet informasi yang juga di retweet orang lain saya akan menulisnya

RT @penulis awal <..tweet..> via @teman yang meretweet

3. Jika saya akan me-retweet informasi dimana saya akan memberikan pandangan saya juga saya akan me-retweet secara manual dengan mengetikan kode RT

<komentar saya…> RT@penulis awal

4. Jika saya akan membalas teman dimana balasan itu saya fikir tidak perlu memenuhi timeline followers yang juga tidak mem-follow orang  yang  saya tuju, saya akan langsung me-replynya

@someone <balasan saya>

in reply to someone

aaah..gk tau juga..sebagian besar hasil lamunan saya dan sedikit2 cari tau dari pemikiran orang lain. Kalo keliru semoga ada yang meluruskan biar makin ngerti ini twitteran.

Konon kita bisa bersikap semau gue.. dan saya memang seperti itu kadang. Namun ada pandangan pihak lain bahwa memang perlu menjalankan tata krama yang umumnya menjaga agar kita tidak mengganggu pihak lain yang menjadi network kita bukan?

Mencari tau secara terlambat mungkin lebih baik daripada akhirnya di cap menjadi orang yang gak mau tau lalu dianggap aneh oleh pengguna lain situs sosial tersebut.

thx untuk donny dan hevi yang tweetnya saya pelajari tadi malam :)

29 thoughts on “Re-Tweet on Twitter

    • hmm, selama orang yang dikomentari itu di mention, misal @namaorangitu, seharusnya sih masuk mba. tapi gak ke timeline. orang itu akan lihat jika mengecek orang2 yg mention namanya.

      bisa jadi orang itu melihat tp tweet mbak gak kebaca. biasanya terjadi kalo akun mbak di proteksi. (pake gembok)

  1. maaf kk
    gw krg ngerti
    mw nny

    ni contoh tweet tmn saya =

    thomasvaldano thomas valdano —–>nem twitter tmn sya
    Uda pada jerit smua . Wkwk ——>sttsnya tmn saya
    9 minutes ago Favorite Retweet Reply

    klo mw bls sttsnya gmna kk??
    tkn reply??

  2. Saya bukan termasuk orang yang hobby ngetweet, karena beneran saya bingung apa gunanya memfollow orang2 yang tidak kita kenal, dan apa peduli mereka dengan kegiatan kita hari ini.

    • Ratna > mention itu adalah menulis atau menyertakan akun orang lain di twit kita. misalnya saya nulis tweet :

      “halooo selamat pagi @ratnaalgizar”

      nah di tweet saya itu, saa disebut udah me-mention mbak ratna :)

  3. Kenapa ya kalo retweet aku gabisa-bisa? Kalo udah diteket retweet tetep aja gak keluar apa2. Jadinya aku copas status org terus tulis RT sendiri.

    • aa > mungkin karena akun tersebut di proteksi/digembok. sehingga yang bisa membaca tweet akun tersebut hanya para followernya. dan kalo emang begitu ya gak bisa di retweet. mungkin ya :)

  4. pagi mbak yg disana..!!!

    mau nanya, apa tulisan “RT” itu ditulis manual, trus kalo iya knapa tidak ditulis “rt” atau “Rt” saja.. kan lebih simple..

    sy jg kurang ngerti.. kalo tman2 sy nulis “RT” trus di belakangnya banyak yg di mention. nah. spt itu apa tidak repot nulis kembali ya..?

    ataukah tulisan RT itu bisa secara otomatis tertulis saat kita buat sebuah tweet..

    maaf jika pertanyaan sy membingungkan.. mohon dimaklumi..

  5. ciri2 akun yg terproteksi tu gmna ya kak….trus pemulihannya gmna ya…trus 1 lagi cara retwet ,kan dipencet retwet,trus nulisnya disbelah mana?

Leave a Reply

