HANGUL – belajar bahasa korea

hangul

hangul

Hangul atau kita baca han geul adalah alfabet yang digunakan untuk menulis bahasa korea. Hurufnya sendiri terdiri dari 24 huruf dengan masing – masing 14 huruf konsonan dan 10 huruf vokal. 1 tahun ini saya mulai melirik cara menulis dan membaca tulisan – tulisan ini. Alasannya tentu saja karena saya ingin bisa membaca, mengingat saya menyukai drama korea dan berfikir alangkah kerennya jika saya bisa juga bahasanya. Modal siapa tahu suatu saat nanti bisa mampir ke korea selatan sana dan menyapa beberapa artis pujaan dengan cara yang mereka mengerti.

Berikut huruf – huruf yang saya ketahui :

Vowels : -

“a”

“ya”

“eo”

“yeo”

“o”

“yo”

“oo” or “u”

“yoo” or “yu”

“eu”

“i”

Consonants : -

“g” or “k”

“n”

“d” or “t”

” r ” or ” l “

“m”

“b” or “p”

“s”

-

” ch “

” ch’ “

” g’ ” or ” k’ “

” d’ “

” p’ “

” h “

Nah, dengan panduan ke-24 huruf tadi saya mulai berani belajar membaca hangul. sedikit demi sedikit, dengan panduan beberapa literatur yang minim nekatlah upaya belajar membaca itu. Hampir mirip dengan bahasa arab, kalo saya sih suka menganalogikan kesana semua tanda2 bacanya.

Untuk melancarkan menulis, saya membuat worksheet seperti ketika kita di taman kanak – kanak dulu. Dengan satu baris tulisan yang tebal dan sisanya tulisan – tulisan yang samar untuk kita tebalkan. Sama seperti gambar pada posting ini, itu semua worksheet yang saya buat yang semalam saya foto.

Ternyata susah – susah gampang belajarnya, masalahnya adalah beberapa waktu lalu saya lumayan 30% bisa membacanya, ketika saya mulai malas dan saya tinggalkan beberapa waktu maka hasilnya seperti saat saya menulis posting ini, yaitu LUPA semua. ampuuuun.

dududud, saya mau mulai lagi ah, mengingat2 huruf dan cara membacanya. Sementara latihan menulisnya di worksheet yang saya buat agar lebih lancar. siapa tau jika sudah fasih nanti, ketika Rain, Gong Yoo dan Lee dong Gun ke Indonesia saya bisa menyapa mereka dengan bahasa korea selain annyong haseyo dan saranghe :)

14 thoughts on “HANGUL – belajar bahasa korea

  1. keren dehh banget dahh
    ini udah komplit kan hurufnya ?
    jiahhh

    aku mau banget dah blajar bahasa korea
    ngga kaya jepang yang pusing pusingggggg :P

  2. bagus … w suka … tapi kyknya perlu di jelasin lagi … for the sample “ㄱ” g or k itu penggunaannya kapan and dalam kondisi apa … coz beda letak maka beda hurufnya tho … hehe

  3. aku binggung gmna sie caraq gabungin huruf konsonan dan vokal…
    tlong ksh tau dong…….
    cz ku pngen bnget bsa bljar hruf korea
    gomawo….

  4. saya erlita – malang
    kenapa hufuf hangul-nya enggak kebaca ya? cuma tampak kotak-kotak aja. jadi gak bisa dipelajari. padahal saya pengen sekali bisa bahasa hangul. thanks.

  5. Annyeong-haseyo…
    kalau tidak salah penulisan huruf hangul bisa dari kiri ke kanan, atau dari atas ke bawah, huruf konsonan di awal di sebelah kanannya huruf vokal, dan di tutup di bawah dengan hutuf konsonan lagi.
    ㄱ”g” or “k”. DI baca “g” bila di tulis di awal dan di baca “k” bila di tulis di akhir, atau sebagai konsonan penutup.

    gamsahamnida…

  6. Annyeong-haseyo…
    Penulisan hangul/hanja bisa dari kiri ke kanan, atau dari atas ke bawah.
    penulisan konsonan->sebelah kanan vokal->bawahnya sebagai penutup, yaitu konsonan lagi. ㄱ=”g” or “k”. Dibaca “g” apabila ditulis di konsonan awal dan di baca “k” apabila ditulis di konsonan akhir.

    Tambahan huruf ㅇ =”-” or “ng” .Tidak di baca apabila di tulis di konsonan awal, dan di baca “ng” apabila di tulis di konsonan akhir.

  7. Yeobseyo
    Mksh, buat info’a berguna ngettttzz ni buat qqu yg lg blajar bhz.k0rea
    tp, yg bkin qqu tmbh gk ngerti. Kn bntk/hruf korea itu kn bsa d blang aneh..stiap aku cari alphabet tp bntk korea,kok mlah yg mncul pzti kotak” gtu pdhal qqu pnsaran ama bntk’a
    kamsahamnida

Leave a Reply

