INILAH BUAH KESEMEK

Re-exposure of Cheese380 Beberapa hari yang lalu, saat gue mainke rumah nenek gue, gue nemuin buah kesemek di meja makan seperti tampak pada gambar. Sebenernya sih ini bukan pertama kali gue liat buat ini, lumayan sering lah tapi enggak makan. Entah kenapa siang itu tergiur juga gue meu nyoba. kok buah yang bercitra gak bagus – bagus amat itu tampak enak kayak buah mangga yang seger. isenglah gue belah, dalah hati bertanya – tanya seperti apa rasanya. ternyata gak terlalu buruk. dari konturnya lu akan teringat dengan buah sawo (hm..gue suka banget sawo), dari warna dagingnya lu akan teringat buah mangga ( slurp..gue cinta buah mangga) tapi darai rasanya, tante gue bantu jelasin dengan kata – kata yang tepat yaitu rasanya seperti buah labu tapi lebih manis dikit.


Hari itu tersadar kalo ternyata puluhan tahun hidup, walau gue udah beberapa kali diperkenalkan dengan wujud buah ini hari itulah kali pertama gue makan yang namanya buah kesemek :). Nama ini amat populer di kehidupan sehari – hari gue. orang – orang sekita suka ledek orang atau anak – anak yang pake bedak berlebihan alias bedak bertaburan di muka cemong2 kayak buah kesemek : ” ya ampun..tu muka kayak kesemek ” seperti itu, untuk nunjukin kalo bedaknya belepotan dan lebay. Hal itu didasari ama wujud buah kesemek yang sekujur kulitnya seperti dilumuri tepung  gula donat atau bedak putih. Biasanya korban ejekan ini adalah orang2 yangberkulit gelap lalu pake bedak putih yang gak nyerep di kulit dan belepotan. hihihi

hm..gue seneng..di umur yang 20- sekian ini gue makan buah kesemek. karena gue yakin banyak yang belum nyoba atau bahkan gak tau kalo buah ini nyata ada…hihi, mereka kira apa?? buah kesemek mitos dan legenda gitu?? hihihi. silahkan yang belum nyoba buah ini, carilah ke pasar lalu ciciplah agar tau rasanya.

6 thoughts on “INILAH BUAH KESEMEK

  1. di depan rumah ibu saya, masih tumbuh buah kesemek dan di pasar banyak yg jual. tp selama mukim di jawa barat hampir 16 tahun ini saya blm menemukan buah ini.

    • emang kampung halamannya dimana mas?? hm..banyak kok di pasar jawa barat juga?? hihihi saya sebagai warga jawa barat malu doong dibilang buah kesemek langka disini..hihihi. mainnya ke mall doang kali???

      • di karanganyar solo sana, skrg tinggal di karawang, bbrp kali masuk pasar kok nggak nemu… sejauh mata memandang liatnya jengkol mulu :)

    • yup…nanti saya liat2 di pasar…sorry minggu lalu gk sempet cari2..sebenernya ini ge musiman…mudah2an ada ya

      cepet sembuh orang tuanya ya..amin

  2. Buah kesemek berasal dari RCC, Terus menyebar ke Jepang dan Tiongkok. Di jepang buah ini memiliki nilai komersial yang tinggi. Tentu saja disana buahnnya lebih besar dan bagus2.

    Kira2 pada abad 18, buah kesemek ini baru menyebar ke Asia tenggara termasuk Indonesia.

    Kandungan gizi buah kesemek adalah memiliki jumlah serat yang tinggi (2x buah aple) jadi bagus bagi kesehatan. Selain itu juga mengandung anti oksidan yang tinggi (di tandai buah yang berwarna orange artinya mengandung beta karotene).

    So pantas deh buah ini diangkat pamornya kembali dan dibudidayakan . Kalo perlu pemuliaan benih berlu dilakukan oleh para pakar/pelaku pertanian .

Leave a Reply

